Menjadi Franchisee yang Sukses

Dalam dunia bisnis modern dikenal istilah Franchise/Waralaba. Franchise adalah istilah yang menunjuk hubungan antara 2 pihak atau lebih dalam pendistribusian barang atau jasa. Seseorang dapat menggunakan merk dagang pihak lain untuk membuat bisnis sendiri. Tentunya dengan kesepakatan yang sudah dibuat oleh 2 belah pihak. Dalam dunia Franchise dikenal istilah Franchisee dan Franchisor. Franchisor adalah pihak yang memiliki merk dagang sedangkan franchisee adalah pihak yang membeli  merk dagang.

Perusahaan yang memfranchise kan bisnis mereka di dunia modern ini seperti Mc Donal’s, Coca Cola, Shell, Century 21 dan masih banyak yang lain. Untuk Franchise dalam negeri kita bisa melihat banyak juga seperti Primagama, Mister Burger, Bakso Tulang Muda, Tela-tela, Indomaret, Alfamaret dan masih banyak contoh yang lain.

Mengapa bisnis ini kian diminati dari pada bisnis dengan model tradisional? Ternyata bisnis dengan model ini jauh lebih menguntungkan daripada bisnis tradisional. Bagi Franchisor, waralaba merupakan sarana pengembangan bisnis yang tidak memerlukan banyak modal. Waralaba juga memberikan mekanisme yang efektif untuk penetrasi pasar. Franchise merupakan alternatif dalam pengembangan toko perusahaan. Dengan bantuan dana dari Franchisee yang juga ikut menanggung resiko dan berdedikasi tinggi, maka pertumbuhan perusahaan dapat berjalan lancar dan ringan.

Bagi Franchisee, waralaba adalah cara memiliki bisnis sendiri dengan resiko yang minim. Franchisee dengan segera dapat brand dan merk yang sudah populer dan diingat masyarakat tanpa harus bersusah payah membangun dari awal. Franchisee hanya perlu menyempurnakan bisnis dengan memberikan pelayanan yang baik dan itupun sudah diatur dalam SOP franchise. Sehingga, jika mereka menjalankan bisnis sesuai dengan prosedur, peluang kegagalan sangat kecil sekali. Dengan demikian franchisee bisa memikirkan untuk membuat bisnis yang baru tanpa khawatir dengan keberhasilan bisnis yang dia beli dari franchisor.

Membangun bisnis identik dengan kerja keras. Nah untuk menjadi seorang Franchisee yang sukses, perlu diperhatikan beberapa sikap seperti yang tertulis dibawah ini. Beberapa hal berikut adalah hasil penelitian dari Francorp, DePaul  (Peluang Sukses Bisnis Waralaba: J. Mancusso & Donald boroian).

  1. Mau belajar
  2. Mau bekerja hingga larut malam
  3. Terampil dalam berhubungan
  4. Kemampuan menjual
  5. Tahan banting
  6. Bersedia mendengarkan pendapat orang lain
  7. Memiliki modal

Untuk mendapatkanpenjelasan yang lebih lengkap dari ciri-ciri Franchisee sukses anda bisa  LIHAT DISINI

Satu Tanggapan

  1. Sip…info yang berguna!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: